There's no such thing as a free lunch...Or is there?

Image
It's official. The next president of Indonesia is former army general Prabowo Subianto. Quite how the next five years will pan out is anyone's guess but hopefully the foreign pundits who always bring up his dodgy human rights record will be proven wrong. Nonetheless, on policy making, Prabowo's popularist move to literally offer the poor 'a free lunch' every day of the week does not augur well for the future. Such a policy - if it ever came to fruition - would cost a phenomenal amount of money and likely lead to huge inefficiencies (food waste) and poor incentives (make people lazy). Another concern is Prabowo's strong nationalist bent. Thus, in the possible event that he finds himself with his back against the proverbial wall in the face of stern economic challenges, there is a big chance that he will simply scapegoat foreigners. But he will have to be careful. Construction of the new capital city, Nusantara, for example, is highly dependent on foreign in

Signature Park Grande Apartment PROGRESS

STOP PRESS: Setelah sekian lama, developer (Pikko Land) sudah mulai membangun proyek ini! Kontraktor utama adalah Pulau Intan. Ini adalah angin segar untuk pembeli apartment ini yang lokasinya sangat strategis di posisi hoek Jalan Dewi Sartika/ Jalan MT Haryono. Selain access ke dua busway juga ada pintu gerbang toll persis di depan proyek (di Jalan MT Haryono). Access ke Bogor melalui Cawang juga gambang kerna bisa lewat Jalan Dewi Sartika. 

PROGRESS @ 14 May 2016

Konstruksi gedung cukup complete. Sudah ada jendela.

Signature Park Grande May 2016

PROGRESS @ 15 August 2015

Signature Park Grande Apartment PROGRESS


PROGRESS @ 14 June 2015

Di depan adalah apartment Green Signature sementara apartment  Signature Park Grande (yg progressnya cukup banyak) ada di  belakang.

Signature Park Grande Apartment PROGRESS 14 June 2015

PROGRESS @ 25 January 2015



Facilitas apartment yg menarik termasuk kolam renang yang besar. Setelah Pikko success dengan "Signature Park" di Tebet, prospek untuk proyek ini (Signature Park Grande dan Green Signature) semakin bagus. 


PROGRESS @ 26 October 2014

Signature Park Grande Apartment PROGRESS October 2014

PROGRESS @ 6 April 2014

Prospek apartmen ini masih tidak jelas. Walaupun marketing office sudah dibangun, progress di lapangan sangat minim. Apalagi, tanggal terima apartment diganti sepihak oleh developer! Masih tidak jelas kalau proyek ini ada ijin, dan main contractor aja belum ketahuan. Kok bisa begini?

Green Signature April 2014


PROGRESS @ 31 January 2014

Sejak satu bulan yang lalu, poundasi masih dibikin walaupun kerjanya agak lamban - mungkin kerna banyak hujan and banjir yg kena lokasi ini. Marketing Office juga belum selasai.




PROGRESS @ 21 December 2013


Ini lokasinya. Masih bikin pondasi.
Signature Park Grande Apartment PROGRESS

Marketing office hampir selasai.

Signature Park Grande Apartment PROGRESS


PROGRESS @ 16 November 2013

Signature Park Grande Apartment PROGRESS


Caveat emptor adalah Bahasa Latin.

Maksudnya, "Let the buyer beware" atau di Bahasa Indonesia "Awas!"

Memang kita harus hati hati membeli sebuah barang. Gampang ditipu. Apalagi membeli barang mahal seperti apartment...

Kalau anda ada pembeli apartment "Signature Park Grande" atau "Green Signature Park" di Jl. MT. Haryono dan sangat stress - jangan lupa: kamu tidak sendiri. Banyak orang nasib yang sama.

Saya sendiri tidak mengerti kenapa developer (Pikko Land) rela menjual apartment kalau tidak mau/tidak mampu membangun proyek itu.

Ada banyak spekulasi tentang proyek ini yg sebar kemana-mana.

Banyak pembeli apartment ini bergabung di satu communitas di yahoo groups, yaitu:

Signature Park Grande Apartment Yahoo Groups


Salah satu message yang saya pernah menulis di message board ini (kerna semakin kesal) ada berikutnya:


Saya membeli satu unit di Green Signature Park.

Pembeli apartment Green Signature Park/ Signature Park Grande di posisi sangat susah. Proyek mati. Marketing Office saja tidak dibangun. Status proyek tidak jelas. Marketing staff hanya bisa berbohong. Ada kemungkinan kita rugi luar biasa. Harus buat apa?

1) cash in. Ini dengan assumpsi bahwa developer tidak ada niat membangun proyek atau mungkin kerna ada masalah dengan status tanah. Kalau cash in dan apartment ini memang tidak jadi ini opsi terbaik – walaupun rugi. Tapi kalau apartement ini memang jadi, ini opsi yg sangat merugikan kerna harga apartment sekarang jauh lebih tinggi daripada dulu.

2) Bertahan dengan assumpsi bahwa developer punya niat yg baik dan masalah yg tidak jelas bisa diatasi. Kalau apartement ini memang jadi, ini opsi terbaik. Tapi kalau apartment ini tidak jadi dan hanya satu permainan, kemungkinan kerugian semakin besar – apalagi kalau harga apartment terus naik.

Oleh kerna itu informasi yg benar sangat penting. Percuma tanya marketing staff kerna mereka tidak sebenarnya mengerti masalah dan tidak malu bohong.

Kenapa pembangunan Marketing Office tidak jadi? Ini memang bukan signal yg baik dan bisa berindikasi bahwa developer tidak bisa melanjutkan proyek ini kerna tidak dikasih ijin.

Sekarang April 2013. Diperlu 2.5 tahun untuk bangun apartment - berarti selasai paling cepat sekitar October 2015! Dan itu dengan assumpsi konstruksi mulai sekarang!

Menurut saya, lebih baik minta informasi dari developer langsung. Apalagi datang ke kantornya (di Jl Sudirman) ramai ramai. Kalau developer memang tidak punya niat yg baik dan tidak mau terbuka, langkah yg serious harus diambil.

Ini adalah pengalaman paling buruk yg saya pernah alami di Jakarta. 

Kita harus selalu waspada. Hati hati. Jangan gampang percaya orang. Dan kalau membeli apartment:

1) membeli apartment dari developer yg bona fide
2) Jangan membeli apartment sebelum konstruksi sudah mulai.

Awas! 



Comments

  1. Saya juga korban apartemen signature park grande. Sudah lebih 60% dari total harga apartemen sudah saya bayarkan. Pengen ngobrol ke sesama pembeli/investor boleh minta email nya pak?

    ReplyDelete
  2. Henry, konstruksi pondasi sudah mulai.. Harus sabar. Mudah mudahan proyek bisa selasai sebelum 2016.

    ReplyDelete
  3. Sebelum melihat blog ini, saya merasa sangat cemas, saya sudah membayar full dari September 2012 yang lalu, namun tidak ada kejelasan dari proyek ini. Progressnya terkesan lambat dan bahkan sepertinya tidak ada. Sebenarnya apa yang terjadi?

    ReplyDelete
  4. Saya juga membeli apartemen ini, melakukan pembayarn sejak 2011 yg lalu. Diinformasikan bahwa sejak akhir tahun lalu sudah dimulai konstruksinya. Tapi sampai saat ini belum ada progress yg berarti. Apakah ada update terakhir ?

    ReplyDelete
  5. saya korban juga. saya sudah bayar lunas dari zaman dinosaurus, tp apartemen yang dijanjikan serah terima november tahun lalu (CMIW) sampe skrng masih rata sama tanah. inilah yang saya ga suka dari developer. giliran kita telat bayar kita di uber2, giliran developer yang telat bangun, pasti mereka mengelak sampe ngasih janji surga segala.

    ReplyDelete
  6. Info Hubungi TAUFIK : 081293791666. VIDEO PROGRES PEMBANGUNAN APARTEMEN SIGNATURE PARK GRANDE @ YOUTUBE. https://m.youtube.com/channel/UChE7w1M7Ie5JCSYlwFgJiMQ

    ReplyDelete
  7. Info hubungi Mora Sihotang : 0878 8711 2127 / 0812 8110 1003 . Progress pembangunan

    ReplyDelete
  8. Penjualan tahap 1 (perdana ) akan diserah terimakan bulan juni 2017
    http://pikkoland.blogspot.com/2016/12/apartemen-signature-park-grande.html?m=0

    ReplyDelete
  9. keren mas tulisannya aku bekerja di Signature Park Grande nih kunjungi situsku juga ya
    Apartemen Signature Park Grande

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

The 10 best plus plus massage spas in Jakarta

20 things you should know about Indonesian women

The comfort zone (Jakarta hotel and spa)